Sabtu, 27 Juni 2015

Filled Under:

Cara Membantai Minyak Saat Menggoreng


Di postingan gue kali ini, gue mau ngeshare sedikit jurus jitu saat menggoreng ikan.
Gue ngga pinter masak, bukannya males, tapi gue menghindar kalau disuruh goreng menggoreng. Alasannya klasik sih, gue takut nyiprat minyaknya___-
Gue kalau disuruh ngegoreng (setelah dipaksa ribuan kali), biasanya gue kayak gambar di bawah ini:

Bahkan, biar aman, gue balut tangan gue pakai handuk, tangan kiri megang tutup penggorengan, tangan kanan megang sodet, dan kepala gue pakai helm. Kurang gila apa coba??
Tapi, sekarang gue punya udah tau solusi masalah ini. Mau tauuu?? Scroll ke bawah yuk guys..


1.       Perhatikan Jumlah Minyak

Yang terpenting adalah mengukur jumlah minyak untuk menggoreng. Setidaknya jangan menuangkan minyak lebih dari sepertiga ukuran penggorengan. Kenapa begitu? Perlu diperhatikan bahwa minyak nantinya akan naik ke permukaan karena dipicu suhu panas. Dan semakin banyak jumlahnya, ia akan semakin mudah meluap.


2.       Jaga Suhu Jangan Terlalu Panas

Apabila terlalu panas, jangan kaget bila api bisa menyambar dan memenugi wajan. Trik pertama adalah memanaskan denga api besar, kemudian stabilkan panasnya dengan memindahkan ke mode api kecil atau sedang.


3.       Air vs Minyak

Dalam suhu yang sama, apabila air dicampurkan dengan minyak, maka minyak akan mengambang. Namun, bila minyak berada pada suhu tinggi, maka ia akan membuat air menguap shingga menimbulkan letupan-letupan kecil.

Itu dia solusi biar kalau ngegoreng ngga nyiprat lagi. Udah tau kan?? Nah buat cewe-cewe yang masih takut ngegoreng, sekarang jangan takut lagi, kan udah tau solusinya gimana. Ini sekalian buat nasehatin diri sendiri sih hehe :P
Soo, ayo guys kita bantai para minyak. Semangaaaatttt!!!!




0 komentar:

Posting Komentar